Subscribe RSS
Ada Hidden Mission di Balik Demo PROTAP Mar 01

Judul Asli: Ada Hidden Mision

Repulikasi dari: http://www.mediaumat.com

Drs Mowo Purwito R,  Dip. HRD. S. Th, MASM, MAR
(Muhammad Yusuf Muttaqin)
Mantan Pendeta dan Pengurus DPW PDS Jawa Timur |

Demonstrasi maut yang berujung  meninggalnya Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Aziz Angkat telah membuka mata umat Islam. Protap yang  sudah dicita-citakan sejak lama oleh kalangan Kristen di Tapanuli ternyata tidak lepas dari misi Kristen untuk memusatkan ekspansinya di wilayah Sumatera. Apa sebenarnya yang terjadi dengan Protap ini dan bagaimana kaitannya dengan misi Kristen di Indonesia secara keseluruhan, berikut wawancara wartawan Tabloid Media Umat, Pendi Supendi dengan Mowo Purwito, mantan pendeta dan pengurus PDS Jatim yang telah masuk Islam beberapa waktu lalu.

Apa yang Anda ketahui terkait demo maut di DPRD Sumut?

Begini, skenario itu memang sudah lama. Orang-orang Tapanuli itu kan menganggap populasi mereka itu sudah besar di Sumatera Utara, tapi kenapa dalam beberapa dekade, gubernur terpilihnya di sana tidak dari Kristen. Gubernurnya orang Islam terus. Bahkan ketika Gubernur Rizal Nurdin meninggal dunia dan digantikan Pardede, mereka berupaya untuk bisa membuat Pilkada ke depan yang menang adalah Kristen. Tapi akhirnya tidak berhasil juga.
Namun waktu itu mereka sudah punya pikiran, kalau selamanya Sumatera Utara tidak dipimpin oleh Kristen, maka mereka bersepakat bagaimana kalau mendirikan Provinsi Tapanuli. Di sana nanti mereka akan memiliki kekuatan riil berbasis Kristen. Dengan itu mereka ingin menjadikan Kristen bisa leluasa bergerak di wilayah Sumatera. Sementara di sana Kristen kan berhadapan dengan Aceh di sebelah utara, juga ada kekuatan Sumatera Barat yang mayoritas Islam. Di Sumut sendiri mereka masih berhadapan dengan Melayu. Mereka juga terinspirasi misi Nonmensen, misi Belanda yang masuk ke Sumatera, yang luar biasa sehingga bisa mengkristenkan Tapanuli. Tapi toh mereka tidak juga bisa menguasai struktur pemerintahan di Sumatera Utara.

Apakah PDS terlibat di sana?

Kalau kita bicara Kristen di Indonesia,maka PDS juga akan terlibat. Politik kekristenan banyak orang yang tidak tahu. Politik kekristenan itu ada dua, yaitu politik konsentrasi dan politik polarisasi. Apa yang dimaksud dengan politik konsentrasi? Begini, supaya orang Kristen punya kekuatan politik dan punya fraksi di parlemen maka orang Kristen harus punya partai, namanya Partai Damai Sejahtera (PDS). Dan seluruh massa Kristen harus diarahkan memilih PDS supaya punya kekuatan di parlemen.

Tetapi dalam dunia Kristen dikatakan, tidak semua tokoh-tokoh Kristen harus masuk PDS. Mereka harus tersebar ke semua partai, ini namanya politik polarisasi. Makanya harus ada juga yang di Golkar, PDIP, Demokrat dan lainnya. Dua kutub ini akan selalu bertemu pada satu muara yang namanya FKKI (Forum Komunikasi Kristen Indonesia). Jadi orang PDS ketika ditanya rahasia partai lain, mereka tahu. Mereka tahu rahasia Golkar, rahasia PKB, PAN dan lainnya. Di mana ada orang Kristen di partai itu maka mereka akan tahu rahasia di partai tersebut.

Berdirinya Protap menguntungkan PDS?

Otomatis ini akan menjadi strategi PDS ke depan. PDS merasa diuntungkan dengan berdirinya Protap karena dianggap bisa menguasai kondisi politik di Tapanuli. Bahkan yang kena kan ada anggota dewan dari PDS yang tertangkap. Yang bukan anggota dewan tapi aktifis-aktifis PDS juga banyak yang menjadi tersangka. Mereka memang bikin skenario yang luar biasa. Skenarionya bukan PDS nya tapi orang Kristen yang tersebar ke seluruh partai baik itu PDIP, PPRN. Ada orang PDIP juga yang ketangkap, PPRN, Golkar juga.

Jadi bisa dikatakan semua anggota dewan yang Kristen itu mendukung Protap?

Ya rata-rata semua mereka yang ketangkap itu orang Kristen. Walau pun mereka berbeda partai tapi sudah menjadi konspirasi untuk membentuk sebuah kekuatan politik.

Artinya faktor agama lebih kuat dalam pembentukan Protap ini?

Yang jelas itu sudah berbau agama. Pernyataan itu sudah cukup lama meskipun tidak terekspos media. Mereka sudah berinisiatif untuk mendirikan provinsi sendiri  yang secara birokratis akan dikuasai Kristen.

Tapi mereka membantahnya?

Ya itu statement… Statement itu kan bisa  saja begitu. Makanya begini ada statemen eksternal dan ada statemen internal. Kalau mereka bicara keluar tidak mungkin dikatakan ini berkaitan dengan agama, sebab kalau dikatakan begitu nanti akan konfrontasi dengan banyak orang. Tapi yang jelas di dalamnya pasti sudah ada inisiatif untuk mendirikan provinsi yang berbasis agama. Itu jelas tidak bisa ditutup-tutupi lagi.

Seandainya Protap berdiri, targetnya apa?

Kristen itu harus mengembangkan titik-titik yang menurut istilah mereka titik-titik ekspansi. Di wilayah Sumatera titik ekspansinya kan tidak bergerak dengan mulus. Dibangun Seminari di Palembang Sumatera Selatan, tidak berjalan. Padahal prinsip pendirian sebuah seminari adalah untuk mencetak para penginjil/pendeta yang bisa didistribusikan di sekitar daerah itu. Di Kalimantan begitu dan di Jawa juga begitu.

Nah di Sumatera yang bisa menjadi kekuatan itu ada di Sumatera Utara. Sumatera Utara harus menjadi sentral untuk menggarap misi-misi yang ada di sana. Tapi ternyata di sana terhambat dengan birokrasi, karena gubernurnya orang Islam terus. Di tingkat wali kota pun mereka tidak bisa kuasai. Mereka frustasi. Dan akhirnya mereka berpikir harus punya provinsi sendiri supaya ekspansinya bisa bergerak leluasa.

Terkait  misi Kristen di Indonesia, apa benar dipusatkan di Kalimantan?

Itu begini, waktu ada konferensi gereja-gereja di Asia Pasifik di Jepang tahun 2003 itu diputuskan bahwa penduduk Asia ini 20 persen tinggal di kota dan 80 persen tinggal di desa. Kemudian diputuskan saat itu, mari kita garap yang 80 persen. Kita jangan konsentrasi terlalu jauh ke kota. Makanya 80 persen harus kita garap terutama di pedalaman yang ada di Asia.

Para peserta konferensi yang berkumpul bersama saat itu memutuskan bahwa tiap negara harus mempunyai pilot project kristenisasi jangka pendek. Akhirnya diputuskan  bahwa setiap negara harus menentukan sendiri-sendiri daerahnya dan wakil dari Indonesia memutuskan Kalimantan. Kalimantan akan dijadikan sebagai  pulau Kristen.  Akhirnya mereka menggalakkan misi Kristen di Kalimantan. Dengan menguasai Kalimantan maka itu akan menjadi kekuatan besar.

Berarti adanya gubernur Kristen di Kalimantan sudah direncanakan?

Iya. Karena itu dia akan kepung dulu Kalimantan Barat, Tengah,  dan Timur, kemudian setelah itu baru Kalimantan Selatan. Mereka belajar dari Uganda. Uganda yang dulunya mayoritas Islam, yakni di atas 80 persen. Namun sekarang Islam di sana tinggal 23 persen. Kenapa itu bisa terjadi? Ternyata di Uganda itu luar biasa. Islam bisa menyusut di sana karena  yang diserang memang daerah pedalaman dan pedesaan. Ini yang mau dipraktekan dan sedang dikerjakan di Indonesia.

Strategi yang mereka lakukan apa saja?

Strategi yang dilakukan adalah dengan pemberdayaan masyarakat. Itu adalah satu-satunya cara yang paling efektif, karena orang-orang suku Dayak itu secara  ekonomi  tidak berdaya. Cara memberdayakan dan menarik simpati mereka supaya masuk Kristen adalah dengan pemberdayaan ekonomi (Community Development). Makanya saya bilang penginjilan di dalam agama Kristen sekarang luar biasa. Mereka tidak memakai penginjilan verbal, tapi dakwah bil hal nya yang lebih ditekankan.

Setelah beberapa provinsi di Kalimantan dikuasai Kristen, apa berpengaruh terhadap Kristenisasi?

Ya jelas dong kalau pemimpinnya Kristen maka apa pun yang berkaitan dengan Kristenisasi akan lebih dipermudah. LSM-LSM akan lebih mudah masuk. Jangankan di tingkat gubernur, di tingkat kabupaten saja itu pengaruhnya luar biasa.

Anda pernah mengatakan di Indonesia ini ada hidden mission yang dilakukan Kristen, maksudnya?

Misi itu bisa bersifat tersembunyi. Tidak bisa dilihat mata  secara langsung. Tapi gerakannya ada. Contoh gerakan Tent Maker (Tukang Kemah) saja  kan kita tidak tahu, tapi misinya jelas ke mana-mana. Kita tidak tahu tetangga kita itu pendeta atau bukan. Ternyata dia sedang melancarkan misinya luar biasa. Dan banyak gerakan-gerakan yang mereka lakukan dengan penghancuran nilai-nilai baik  lewat media maupun kegiatan lain. Belum lagi dalam industrialisasi di mana negara-negara berkembang itu selalu bergantung kepada lembaga internasional. Di situ ada hidden mission secara internasional. Contohnya begini ada  IMF, Bank Dunia yang bisa memberikan bantuan dengan berbagai persyaratan. Siapa sebenarnya di belakang IMF, Bank Dunia tersebut?

Artinya banyak di sekeliling kita itu kegiatan-kegiatan yang mengandung hidden mission?

Iya banyak, mulai dari sektor perbankan, pendidikan dan lainnya yang tanpa kita sadar, termasuk di jaringan kampus, misalnya munculnya Jaringan Islam Liberal. Coba lihat bagaimana orang IAIN memperdalam agama Islam bukan ke Saudi tapi ke Amerika, ke Kanada. Di sana memang ada pelajaran Islamologi, tapi yang mengajar kan Kristen. Sehingga mereka ketika belajar ilmu tafsir Alqurannya menggunakan ilmu Hermeneutika, yang biasa digunakan pendeta untuk menafsirkan bible. Akhirnya pulang ke Indonesia oleh-olehnya macam-macam, tak karu-karuan dan tafsiran aneh-aneh. Jadi memang  pengaruh kristenisasi dalam Islam Liberal itu luar biasa.

Yang mesti dilakukan umat Islam menghadapi hidden mission itu  seperti apa?

Saya katakan di Indonesia ini,  selama ukhuwah wathoniyah lebih dikedepankan daripada ukhuwah Islamiyah maka kita tidak bisa menghadapinya. Tidak sedikit ulama dan tokoh Islam di Indonesia sekarang  yang masih mengedepankan ukhuwah wathoniyah dibanding ukhuwah Islamiyah. Jadi ukhuwah Islamiyah-nya seolah disepelekan. Padahal secara hirarki, ukhuwah Islamiyah itu yang mestinya dijunjung tinggi, setelah itu baru ukhuwah wathoinyah dan baru ukhuwah basyariyah. Yang harus dijunjung tinggi kan mestinya persatuan umat dulu. Islam mengajarkan kepentingan Islam di atas segalanya di banding kepentingan lain.

Selain itu?

Ya mari kita kembalikan fungsi Masjid seperti zaman Rasulullah. Tidak hanya  menjadikan masjid itu sebagai imam shalat saja tapi imam organisasi.[] pendi/www.mediaumat.com


Pengalaman Luas Sebagai Misionaris

Mowo Purwito sebelumnya adalah seorang pendeta  dan dosen di Seminari Alkitab Nusantara dan beberapa seminari Indonesia. Sarjana Theologi Seminari Alkitab Nusantara Malang ini juga berpengalaman mengikuti berbagai training di luar negeri terkait misi Kristen dan aktif di berbagai organisasi misi. Ia juga pernah aktif di Partai Damai Sejahtera (PDS) yakni sebagai ketua Kaderisasi dan Tim Perumus Kebijakan DPW PDS Jawa Timur itu.  Ia mendapat Sertifikat Misi Internasional dari Fuller Housing Ministry, California untuk terjun pada pelayanan Christianity Development di Louisiana USA. Seharusnya laki-laki kelahiran Situbondo 28 Oktober 1965 itu berangkat bersama keluarga ke Louisiana pada Desember 2006, namun batal karena keburu masuk Islam (mualaf).

Keingintahuannya yang besar akan ajaran Islam dan kegalaunnya terhadap ajaran Kristen itu memang telah mengantarkan pada hidayah sehingga ayah dari tiga orang anak ini pun masuk Islam, tepatnya pada 16 September 2006 . Setelah masuk Islam, berbagai tantangan, cacian, makian dan sebagainya harus ia hadapi. Namun ia tetap istiqomah dengan keyakinan barunya itu. Sekarang Mowo yang berganti nama menjadi Muhammad Yusuf  Muttaqin aktif sebagai dosen kristologi dogmatik, misiologi, sosiologi agama, dan fenomenologi di beberapa perguruan tinggi Islam dan pondok pesantren.

Karena pengalamannya yang luas sebagai pendeta, dosen seminari, aktivis partai Kristen dan organisasi misi maka tentu Yusuf Muttaqin mengetahui banyak misi yang tersembunyi (hidden mission) dari kegiatan Kristenisasi di Indonesia, termasuk kasus rencana Protap. “Seandainya provinsi Tapanuli itu benar-benar ada,  mungkin itu akan menjadi satu-satunya provinsi Kristen terbesar di Indonesia,” ujarnya.[] pendi

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
Kategori: Ke-Islam-an  | Tags: , ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in

*