Subscribe RSS
Trik Mempercepat WordPress Dec 11

Ada beberapa cara untuk mempercepat akses ke Weblog yang menggunakan CMS WordPress.

Gunakan Cache

Salah satu cara mempercepat akses ke Weblog adalah dengan menggunakan cache di server. Untuk bisa melakukan cache di server kita bisa menggunakan plugin wp-cache atau wp-super-cache (yang merupakan pengembangan dari wp-cache). Anda bisa mendownload dan mencobanya. Lantas bandingkan dengan sebelum menggunakan plugin tersebut.

Plugin tersebut akan membuat halaman dinamis (yang merupakan standard WordPress) menjadi halaman statis. Dengan demikian proses pembacaan server lebih cepat karena tidak memerlukan proses pembacaan di database dengan script PHP melainkan membaca file HTML di folder /wp-content/cache yang disusun secara statis berdasar format Permalink yang telah disetting di pengaturan. Lamanya cache berada di folder tersebut bisa diatur antara satu jam sampai 24 jam.

Matikan Plugin/Widget dengan Link Eksternal

Tidak jarang kita memasang banyak plugin atau widget yang melakukan link ke server di luar server hosting kita, seperti plugin/widget yang akan melaporkan statistik kunjungan ke Blog atau untuk mengetahui pagerank situs. Pengalaman saya menggunakan plugin WordPress.com Stats dan tools untuk mengetahui statistik di webmaster tools cukup signifikan memperlambat akses masuk ke situs. Setelah saya nonaktifkan aksesnya menjadi cepat.

Untuk itu bagi Bloger yang sekedar ingin “melampiaskan” uneg-uneg lebih baik tidak usah memasang plugin atau tools yang mengarah ke situs eksternal. Cukuplah menggunakan Statpress atau WassUp, untuk sekeder mengetahui jumlah kunjungan. Juga Akismet untuk menangkal para “penyusup”. Kecuali bagi Anda yang sedang “gemar” dengan Adsense, misalnya, mungkin plugin tersebut menjadi menu wajib.

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

10 Responses

  1. 1
    Mahyuni 

    Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Ust….makin keren aja blognya.

    Wslm

  2. 2
    mukhlas rowi 

    Wa ‘alaikum salam wrwb.

    Terima kasih, telah berkunjung ulang. Gimana kabarnya

  3. 3
    dhini 

    halo . mas blognya bagus, gimana caranya sayaa belum punya ni..

  4. 4
    dhini 

    cari tempaltenya dmana?

  5. 5
    mukhlas rowi 

    di bagian bawah blog ini kan ada link templatenya atau klik di sini

  6. 6
    rian 

    asw. makasih info dan sarannya pak.. tips yg brguna.. :)

  7. 7
    ade 

    Trima kasih buat infonya mas……

  8. Makasih buat Infonya.
    saya mau langsung coba wp-super-cache nih :D

  9. 9
    bangipung 

    wah, ternyata script ke server eksternal bisa bikin lambat ya
    thanks ya :)

  10. 10
    mukhlas rowi 

    sebenarnya kalo links untuk script external-nya kenceng juga ga masalah sih. yang jadi masalah kalo link eksternalnya lambat maka proses membuka di bagian yang ada link tsb jadi lambat

Leave a Reply » Log in

*