Subscribe RSS
Mengenal Keyboard Arabic Nov 24

Ini adalah bagian ketiga dari pembahasan tentang keyboard dari pembasan sebelumnya tentang Install Fonts dan Keyboard Arabic di Windows XP dan Install Keyboard Arabic di Ubuntu. Sekali lagi tulisan ini tidak diperuntukkan bagi yang sudah terbiasa menggunakan keyboard arabic maupun yang biasa mengetik tulisan Arab.

Tulisan ini semata-mata untuk menjawab sering munculnya pertanyaan: apakah kita harus membeli keyboard dengan tulisan arab agar bisa menulis arab? Jawabnya tentunya bisa ya dan bisa tidak, tergantung kepentingannya apa. Tapi intinya untuk bisa menulis font arabic bukan pada keyboardnya tapi terinstallnya bahasa keyboard yang dikehendaki dalam OS. Dengan kata lain meskipun Anda membeli keyboard dengan tulisan huruf di papan keyboard Arab semua tetapi font dan keyboard arabic tidak terinstall di OS maka yang akan keluar adalah huruf sesuai dengan keyboard yang terinstall.

Jadi jangan terkejut atau akhirnya Anda harus “kecewa” sudah membeli keyboard arabic tetapi waktu ditekan huruf “ش” kok yang keluar malah huruf “a”, tekan huruf “ك” yang keluar “;” dan seterusnya. Jadi pada dasarnya keyboardnya sama saja, kalau pun di atas tuts-nya ditulis huruf arab, itu hanya penulisannya saja tapi alur fisik pengkabelan sama berdasar letaknya. Software atau OS-lah yang menterjemahkan, akan dikeluarkan tulisan apa saat kita tekan huruf tersebut.

Atau lebih tepatnya, kalau secara teknis elektronik (biar tidak diprotes oleh yang bikin keyboard :) ), boleh jadi pengkabelan memang berbeda untuk masing-masing merek dan tipe yang berbeda. Karena di dalam keyboard sendiri sudah ada IC terporgram (EPROM) yang akan menterjemahkan setiap kabel yang terhubung melalui tuts keyboard ke dalam bahasa biner yang kemudian dikirim ke CPU. Tapi intinya yang membedakan antara keyboard arabic dan non arabic (untuk merek yang sama) bukan pemrograman dalam keyboard maupun pengkabelannya tetapi OS yang menterjemahkan…!

Lalu bagaimana kita menggunakan keyboardnya kalau ternyata itu hanya masalah OS yang menterjemahkan? Mudah saja, Anda tinggal pindah ke keyboard arabic lewat toolbar di bawah (untuk Windows) atau di atas (untuk Ubuntu) seperti dalam pembahasan sebelumnya, kemudian Anda tekan saja satu-satu tuts yang ada, itulah keyboar arabic yang dimaksud. Bagi yang malas mencari-cari saya sertakan juga maping keyboard tersebut yang bisa Anda klik di sini.

Di situ sengaja saya buat untuk dua versi: Ubuntu dan Windows. Karena ada sedikit perbedaan antara keduanya, kalau tidak salah sih hanya di huruf “لآ”. Di Windows kita cukup menekan [Shift]+[b] akan keluar huruf “لآ” tetapi di Ubuntu ketika kita tekan [Shift]+[b] tidak akan keluar apa apa, sehingga kalau kita akan mengeluarkan huruf yang sama kita harus mengetik satu-satu yaitu tekan g lalu [Shift]+[n]. Tentunya keyboard harus dalam posisi Arabic.

Untuk memberi harakat: fathah, kasrah, dhammah, tasydid dan sukun, letakkan kursor pada huruf lalu tekan harakat yang diinginkan dengan menekan [shift] lalu tekan di antara huruf a, s, q, w, e, r dan `. Bila masih mengalami kesulitan silakan tinggalkan pesan pada komentar.

Penggunaan keyboard di lingkungan office: MS Office & Open Office Insya Allah menyusul. Semoga bermanfaat.

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

17 Responses

  1. saya dulu pernah pake Windows ME, klo install MS Office, bisa langsung dipake ngetik arab…
    waktu pertama nyoba sih masih trial ‘n error gitu. tapi lama-lama jadi hafal tombol yang harus di tekan untuk menghasilkan huruf yang kita inginkan..
    tapi pas nyoba pake XP, knapa MS Office nya ga bisa langsung dipake untuk ngetik arab ya??

  2. 2
    mukhlas rowi 

    Bisa aja cuma mesti dikonfigurasi aja dulu:

    Untuk MS Word & Power Point klik Tools >> Option >> [colom] Edit Centang Auto-Keyboard switching

    Untuk MS Excel pengetikan dengan keyboard arabic mesti diaktifkan dari Toolbar Language Bar

  3. 3
    luwis 

    Mas, kalo bacaan fathah panjang yang seperti huruf alif kecil itu ga ada di keyboard ya?

  4. 4
    mukhlas rowi 

    Kayaknya ga ada, sebenarnya untuk fathah berdiri kalau dalam penulisan di tulisan arab gundul bisa diganti dengan alif sehingga جنت (fathah ن berdiri) bisa ditulis dengan جنات. Karena sebenarnya nun fathah panjang dan ta’ taknits yang ada merupakan jamak muannats salim

  5. 5
    luwis 

    kalo عَلئَ (‘alaa) itu ditulis fathah berdiri gimana ya?

  6. 6
    mukhlas rowi 

    tidak usah ditulis fathah berdiri (fathah biasa saja) sebenarnya sudah dipahami sebagai panjang, bahkan kalaupun tidak diberi fathah orang sudah paham kalau itu panjang, kecuali kalau huruf ya’ diberi harakat semisal عَلَيَّ atau عَلِيٌّ maka artinya jadi lain. Jadi kalau tidak ada harakat apa-apa di belakang atau ya’ tidak bertitik berarti itu ‘alaa (panjang)

  7. 7
    luwis 

    Tapi kan itu kalo orangnya sudah mengerti, kalo orangnya baru bisa baca arab kita kasih seperti itu bukannya dia jadi bingung?

  8. 8
    mukhlas rowi 

    harus dikasih fathah berdiri manual kali ya.. :)
    saya ga tau al quran terbitan arab itu mengetiknya pakai apa, mungkin ada software khusus. saya dah coba set dengan regional lain tapi belum dapat juga, nanti saya coba di windows, siapa tau ada

  9. 1. Agar dapat menulis fathah berdiri gunakan font seperti : mry_KacstQurn.ttf, me_quran.ttf.
    atau silahkan baca http://abuwa2009.wordpress.com/2009/06/13/kumpulan-font-islami-font-al-qur-an-asli-font-kitab-font-mad-dan-lainnya/
    2. Untuk menuliskan cukup pakai insert symbol di MS Word

    Semoga bermanfaat

  10. 10
    mukhlas rowi 

    Terima kasih infonya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua

  11. 11
    irliana 

    assalamualaikum Wr. Wb.
    saya kebingungan saat mau menambahkan harakat untuk bacaan panjang dengan pelafazdan a, i, u pada penulisan huruf arab dengan menggunakan windows 7. mohon bantuannya……..

  12. 12
    mukhlas rowi 

    wa ‘alaikumussalam wrwb.
    jawaban ttg hal ini bisa dibaca dalam komentar dan tanggapan sebelumnya.
    terima kasih

  13. السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
    Mengenai masalah fathah berdiri, untuk menuliskannya sangatlah mudah. Namun karena harakat ini memiliki unicode yang tidak tercantum dalam arabic keyboard layout pada umumnya maka untuk menuliskannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:
    1. membuat arabic keyboard layout sendiri menggunakan software seperti Microsoft Keyboard Layout Editor (gratis dari Microsoft) dan mengganti character yang tidak dipergunakan dengan harakat ini (dengan unicode U+0670). Dengan cara ini, fathah berdiri dapat ditulis dalam berbagai editor yang support.
    2. untuk program2 dari Microsoft Office, gunakan menu insert-symbol lalu pilih symbol dengan unicode 0670 dan untuk lebih memudahkan buat keyboard shortcutnya.
    Hal lain yang penting adalah font Arab yang digunakan harus font Arab yang dapat meletakkan harakat ini secara proporsional karena kebanyakan font Arab akan menampilkannya bertumpuk (terutama bila bersamaan dengan tasydid). Font Arab yang dapat meletakkannya secara proporsional antara lain Arabic Typesetting, Sakkal Majalla (dua ini bawaan MS Vista dan MS Seven), dsb. Semoga bermanfaat.
    و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

  14. sekedar berbagi ilmu…langkah no satu di komentar saya di atas sudah saya rinci tutorialnya di blog saya http://www.msrosyidi.com/002-menulis-huruf-arab-menggunakan-komputer/bagian-kesembilan/ … semoga bermanfaat.

  15. 15
    mUR 

    bagaimana kita menulis untuk kata ha..kan panjang هذَا

  16. 16
    mukhlas rowi 

    mungkin link bisa membantu

  17. 17
    junaedi 

    saya juga nyari tasydid nich. Mungkin kalo pembaca tau aslulwahidnya gak usah pake juga gk pa2, gmn klo masalah harokat dan simbol lain nya menggunakan software lain seperti kelk?

Leave a Reply » Log in

*