Subscribe RSS
Install Keyboard Arabic di Ubuntu Nov 18

Seperti saya janjikan sebelumnya, kali ini saya akan membahas install keyboard (atau lebih pasnya menambah keyboard) arabic pada Ubuntu. Mengapa Ubuntu? Karena kali ini saya baru memakai Ubuntu untuk PC Desktop saya sedangkan distro lain baru sekedar mencoba punya kawan. Untuk distro lain silakan mencoba-coba sendiri :)

Pada linux Ubuntu, fonts arabic tidak perlu diinstall karena sudah include pada saat penginstallan pertama kali. Saya tidak tahu mengapa apda Windows XP hal yang sama tidak terjadi, padahal untuk sebagian banyak fonts dan keyboard dengan bahasa lain selain arabic [yang notabene, menurut dugaan kasar saya, pemakainya jauh lebih banyak dibanding, misal, Africa, di mana untuk Africa sudah terinstall secara default] sudah terinstall secara default.

Untuk bisa menggunakan keyboard arabic pada linux Ubuntu, kita tinggal menambahkan keyboardnya saja. Sehingga kita tidak perlu CD installer dan melakukan restart system. Caranya cukup mudah:

  1. Klik System > Preferences > Keyboard pada toolbar di atas
  2. Pilih kolom Layouts lalu klik Add
  3. Klik Layouts lalu pilih Arabic lalu klik Add
  4. Close panel

Sampai di sini keyboard arabic sudah siap digunakan, Anda tinggal menambah keyboard indicator pada toolbar di atas agar dengan mudah untuk pindah dari keyboard arabic ke latin dan sebaliknya. Caranya: klik kanan pada toolbar di atas lalu pilih Add to Panel lalu pilih Keyboard Indicator. Untuk berpindah dari keyboard latin ke arabic Anda tinggal klik icon “USA” dan “Ara” yang akan muncul secara bergantian manakala kita klik

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses

  1. terimakasih bang atas sharenya….sangat bermanfaat sekali bagi saya yang baru saja mengenal dan menggunakan Ubuntu. semoga menjadikan amal ibadah untuk anda. Amien….

  2. Saya pernah install Ubuntu. Saat installasi saya pilih arabic…hasilnya proses installasi hingga selesai berjalan dengan bahasa Arab…bahkan start menunya saja ada di kanan… Sangat bagus, cuma sayang cdnya sudah rusak jadi tidak bisa install lagi…

  3. saya coba di fedora…langkahnya sama…

  4. 4
    abidarda 

    jazakallah khiron جزك الله خئر (salah ya ejannannya, mohon maklum :)

Leave a Reply » Log in

*