Subscribe RSS
Install Fonts dan Keyboard Arabic di Windows XP Nov 17

Sebenarnya ini artikel yang cukup sederhana tetapi saya mendapati cukup sering kawan yang sudah terbiasa menginstall dan bahkan termasuk admin Windows yang terbiasa dengan instalasi dan memberikan berbagai penyelesaian dalam hal per-windows-an ternyata tidak sadar kalau Windows XP bisa di-install fonts arabic. Beberapa di antaranya menganggap, agar bisa menulis dengan fonts arabic harus di-install software atau tools tambahan pada Windows XP.

Yang lainnya ada yang beranggapan bahwa untuk mengetik fonts arabic mesti menggunakan Windows XP Versi arabic. Mereka mengira seperti Versi windows sebelumnya, yang untuk bisa mengetik arabic saja mesti menggunakan Versi Windows Arabic atau paling tidak menggunakan software atau tools keyboard Arabic. Tentunya tidak semua orang seperti itu tetapi seperti saya tulis di atas, realistasnya di lapangan masih banyak yang beranggapan seperti itu. Bisa jadi karena dalam keseharian tidak terbiasa menggunakan fonts arabic sehingga tidak terlalu memperhatikan masalah tersebut.

Nah.., bagi yang masih beranggapan seperti itulah tulisan ini diperuntukkan!

Langkah Instalasi

  1. Siapkan CD installer Windows XP dengan versi sesuai yang telah terinstall di PC Anda, bagi yang sudah men-copy folder i386 (seperti kebiasaan saya :) )di PC maka CD installer tidak diperlukan lagi
  2. Masuk ke Control Panel dan pilih Regional and Langauage Optioan
  3. Pilih kolom Language dan beri tanda cek list Install files for complex script…..
  4. Aply & restart komputer
  5. Ulangi langkah di atas dan masuk pada posisi sebelum di-restart
  6. Klik detail lalu klik Add
  7. Pilih keyboard arabic

Sampai di sini berarti keyboard arabic sudah siap digunakan, Anda bisa mengaktifkan language bar di toolbar bawah agar Anda bisa berpindah-pindah dari keyboard latin ke Arabic dan sebaliknya.

Untuk penggunaan keyboard-nya Insya Allah akan saya bahas dalam artikel berikutnya. Termasuk install keyboard di Linux Ubuntu

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

13 Responses

  1. 1
    azda 

    makasih ya,, ngebantu bgt neh pas nyelesain karya tulisnya

  2. 2
    mukhlas rowi 

    sama-sama, semoga bermanfaat

  3. Trims pak atas penjelasannya dan tutorialnya. Kebetulan saya mau install untuk saudara saya yang ngebet banget pasang font arab. Semiga bermanfaat…

  4. Wah terimakasih lagi mas rowi’….artikelnya beruntun..tutorialnya lengkap.Info yang bermanfaat bagi akhwat saperti saya.

  5. 5
    mukhlas rowi 

    sama-sama semoga bermanfaat

  6. 6
    rahma 

    saya udah nyoba, tp terkendala di CD Installer Windows XP nya. Pertama g punya CD nya, kedua emang g ada tempat masukin CD nya (saya pake notebook). Kebetulan juga g nyimpen folder i-386 nya.
    Gimana ya solusinya?

  7. 7
    mukhlas rowi 

    sebenarnya i386 hanya berguna untuk menginstall paket-paket yang belum terinstall yang ingin di-install, bukan dipakai permanen. jadi kita bisa mencopy di flasdisk kemudian saat install font arabic dia akan bertanya master installer (dalam hal ini i386) ada di mana, tinggal browse saja terus diarahkan ke flasdish di mana diletetakkan folder 1386 tadi setelah selesai flashdisk dicabut ga masalah.

  8. 8
    rahma 

    kalo gitu boleh minta filenya gak? Kalo gak keberatan tolong dikirimin ke imel saya. Jaz.

  9. 9
    mukhlas rowi 

    folder i386 mempunyai ukuran cukup besar, hampir seukuran cd installer windows itu sendiri (cd iso=601 MB; i386=530 MB), karena bagian terbesar installer windows ada di folder i386. coba dipertimbangkan antara download dengan copy dari teman terdekat. tapi kalo mau juga boleh download di sini

  10. 10
    Nico Andri 

    mas kok saya klik “sini” munculnya “Forbidden. You don’t have permission to access /win_xp_sp2.iso on this server.” atau kalau gak itu ya “•This website requires you to log in.” kenapa ya ? sebelumnya saya minta maaf karena saya juga tdk punya cd-nya karena saya download dari web.

  11. 11
    mukhlas rowi 

    wah maaf, sementar download memang tidak saya aktifkan, soalnya kemarin trafik lagi agak tinggi. Insya Allah nanti akan saya coba cara alternatif lain agar bisa didownload. harap maklum

  12. 12
    Memed 

    Assalamualaikum.
    terimakasih atas tips & trik nya mas.
    saya sudah coba di xp pro sp 3 dan berhasil
    tapi di Netbook (non CD Drive) yg OS nya XP Homo Basic tidak bisa mas.

    bagimana caranya mas?

    mohon panduan nya mas.

    terimakasihh

    Assalamualaikum

  13. 13
    mukhlas rowi 

    Wa ‘alaikum salam.
    Apakah di netbook tersebut tersimpan folder i386 beserta isinya (yang merupakan installer windows)?

    Ketika install fonts arabic, pada saat minta CD installer arahkan saja ke folder i386 tersebut. Kalau tidak tersimpan folder terebut, cari saja CD installer dengan OS XP Home Basic, terus copy seluruh folder beserta isi i386 dalam CD tersebut ke flash disk (pakai computer yang ada CD-room-nya), kemudian copy folder i386 tersebut ke dalam netbook atau kalau tidak ingin mengopy-nya, pasang flash disk pada saat pada saat install font arabic dan pada saat minta cd installer, arahkan ke folder di mana i386 berada (di netbook atau dlm flash disk)

    Semoga membantu

Leave a Reply » Log in

*