Subscribe RSS
Mengatasi Problem Penulisan Fonts Arabic di WordPress Nov 11

Sudah hampir setahun ini saya hosting di salah satu penyedia layanan hosting internet. Semula saya cukup senang karena baru “berhijrah” dari hosting gratisan luar negeri yang kadang untuk upload saja agak sulit karena lambatnya koneksi, atau bahkan gagal sama sekali.  Bahkan untuk sekedar login untuk memanage blog saja sangat sulit.

Begitu ganti hosting ke dalam negeri kecepatannya berubah cukup signifikan, hampir terasa seperti login ke lokalhost saja. Hanya saja belakangan saya agak “kecewa”, karena untuk menulis dengan font arab ternyata di hosting tersebut tidak support. Saya berusaha mengkomunikasikan hal tersebut dengan Customer Service penyedia hosting. Beberapa kali diskusi tapi hasilnya masih nihil, tetap tidak bisa menulis dengan font arabic.

Semula saya mengira kalau hal itu disebabkan karena server penyedia hosting menggunakan OS Unix dan ini diamini oleh Costomer Service penyedia hosting juga meskipun tidak dengan ungkapan explisit: Tidak bisa Bos. Jawabnya mengakhiri diskusi di Yahoo Messenger. Saya sempat kepikiran masak sih gak bisa, bukannya di server lain yang di antaranya juga menggunaka Unix juga bisa. Lama saya memikirkan solusi bagaimana supaya bisa menulis dengan font arab. Setelah tau ada penyedia DNS gratis saya coba pindahkan hosting ke server saya sendiri.

Hasilnya cukup mengejutkan: Menulis dengan font arab tetap gak bisa..! Sampai saya coba install ulang WordPress-nya tapi tetap nihil. Saya coba cek struktur database, dibandingkan dengan struktur database untuk WordPress yang bisa dipakai untuk menulis font arab. Ternyata masalahnya ada pada penyortiran/collation field database. Struktur penyortiran field untuk database yang bisa menulis font arab adalah utf8_general_ci sedangan yang tidak bisa ditulisi font arab adalah latin1_general_ci. Dengan mengubah menjadi utf8_general_ci الحمد لله sekarang saya sudah tidak kesulitan lagi menulis font arabic.

Ini adalah contoh gambar setelah dilakukan perubahan dari latin1_general_ci ke utf8_general_ci:

Lakukan perubahan tersebut pada tabel wp_post atau wordpress_post. Kalau Anda juga menginginkan pembaca bisa pula memberi komentar dengan tulisan Arab ubah dengan cara yang sama tabel wp_comment atau kalau rajin, ubah semua tabel :)

الحمد لله هذا من فضل رب

Bagi yang mempunyai masalah yang sama silakan mencoba. Semoga bagi yang gemar menulis dengan font arabic makin bersemangat untuk menulis.

Tulisan ini mengalamai perubahan judul pada tanggal 26 November 2008 dari judul sebelumnya: Mengatasi Problem Penulisan Fonts Arabic di Web. Harap maklum…!

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

28 Responses

  1. 1
    grek 

    boleh kang terang lebih detail, masih newbie nih blom jelas gimana cara menukar code UTF8 agar text arabnya bisa dilihat di dekstop

  2. 2
    mukhlas rowi 

    syarat utama agar text arab bisa tampil, OS hrs support baca text arabic. windows XP biasanya langsung support meskipun hanya baca. tapi kalau mau ketahuan bisa baca dan tulis meski install dulu keyboar arabic-nya. Coba ikuti tautan http://www.mukhlas-rowi.web.id/tag/keyboard-arabic/

  3. 3
    grek 

    Saya pakai wp 2.7. Jadinya masalahnya gini kang…bisa ditulis arabic tapi bila di publish error code kluar tanda soal ????. Sepertinya wp tidak support font arabic. Kalau menukar unicode UTF8 spt yg kang tunjuk gimana cara selengkapnya. Aku kurang arif cara menukar di cpanel.

  4. 4
    mukhlas rowi 

    1. masuk ke ke database mysql di mana server berada dengan menggunakan phpmyadmin
    2. klik nama database >> klik tabel wp-post
    3. klik operation
    4. pada baris Collation pilih utf8_general_ci
    5. klik go
    6. selesai
    sekarang coba tulis atau copy paste text arabic, lihat hasilnya

  5. 5
    yazid 

    makasih pak, aku baru saja migrasi dari joomla ke WP dg harapan bs nulis arab,eeee.. ternyata sama, tp beruntung ketemu blog bapak,jadi ga sia2 migrasiku ini. makasih.

  6. 6
    yazid 

    kalau font arabicnya bisa ditambah lg ga’ ya?

  7. 7
    mukhlas rowi 

    kalo tidak salah sih font berbasis web itu tergantung klien-nya, asal jenis font yang ingin ditambah ada dalam jenis font di klien maka penambahan tersebut bisa dibaca oleh klien. Dengan kata lain meskipun kita pilih suatu jenis font tapi jenis tersebut tidak ada dalam system OS-nya maka browser hanya akan menampilkan font tersebut dalam tampilan standard.

  8. 8
    Ahmad 

    mo tanya nih pak, secara ga sengaja keyboard kepencet keponakan saya lalu ketikan font berubah jadi arab dan saya ga tau gimana cara atasinnya. memang beberapa hari sebelumnya saya install font arab.
    mohon bantu agar saya jg dapat menggunakan font arab tsb.

  9. 9
    mukhlas rowi 

    di bar kanan bawah ada tulisan AR dan EN, kalau saat ini yang keluar AR berarti yang sedang aktif keyboard arabic dan kalau EN berarti english. di-klik aja tulisannya nanti akan keluar semua keyboard yang sudah di-support pilih EN atau english kalau mau berubah jadi english dan sebaliknya.

  10. شكرا الف شكر علي علمكم يا أخي جزاك الله

  11. 11
    mukhlas rowi 

    شكرا بزيارتكم

  12. Salam kenal untuk pak mukhlas, my sql wp-post, sudah di ganti utf-8_general_ci tapi kok gak bisa, setiap saya lihat kembali strukturnya, kok kembali lagi menjadi latin1_swedish_ci. kalo kasusnya seperti ini gimana solusinya ? untuk jawabannya saya tunggu! Syukron!

  13. terima kasih saya sudah berhasil! :D

  14. 14
    timur 

    Assalam.

    pak saya sudah mengikuti langkah2 bapak, tapi kok tetapsaja ya?

    tolong pencerahannya pak.

    semua collationnya sudah saya ganti, tapi tetap saja tidak bisa.

    apa bapak mau membantu menyettingkannya?

    kalau mau ntar saya kasih paa dan user via email.

    tolong pak saya butuh banget

    :-(

    thanks before.

    wassalam

  15. 15
    mukhlas rowi 

    wa ‘alaikum salam
    tidak maunya gimana nih, apakah setelah di-upload font arabic berubah menjadi font “???” atau tidak bisa menulis arabnya. coba dijelaskan problem detailnya.

  16. 16
    timur 

    Assalam.

    gak maunya tulisan arabnya berubah menjadi ????, saya jadi bingung. kayaknya saya sudah melakukan semua trik diatas.

    :-(

    mohon bantuannya.

    :-)

    wassalam

  17. 17
    mukhlas rowi 

    wa ‘alaikum salam.
    ok nanti Insya Allah saya bantu, saya malam ini masih ada acara, mungkin besok pagi bisa. coba aja hubungi ke hp saya (ada di “tentang saya”) atau add ke YM saya nanti kita chatting saja biar enak. kalau memang harus “terjun langsung” Insya Allah saya bantu juga

  18. 18
    nasir 

    Ass. Mbaca aja udah bingung bang. Saya baru belajar, gak ngerti, nginstall komputer aja suka salah. Bisa bantu saya gak bang, cobalah mulai dari mana, selangkah demi selangkah. Apalagi ada gambarnya, mgkn saya bisa coba. Allah pasti akan membalas dengan lipatan pahala yang berlipat ganda. Jazakumullah.. Wass.

  19. 19
    mukhlas rowi 

    Wa ‘alaikum salam.
    Coba baca di artikel terkait di web ini yang terkait dengan font arabic, silakan klik link ini beberapa sudah saya kasih gambar. kalau masih kesulitan bisa kita diskusikan di email

  20. 20
    feto 

    nice posting gan…jadi tambah pengetahuan saya nih akan saya coba di blog wordpress saya segera…^_^

    terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau artikel menarik lainnya silakan berkunjung ke sini yaaa…

  21. Blog yang bagus…tapi susah navigasinya. Kalau bisa dikasih navigasi yang lengkap agar saya dapat mencari artikel2 dengan mudah. Blog ini menggunakan WordPress 2.9.2 kan. Coba gunakan plugin wp-dtree-30.4.2 lalu pasang di widget agar navigasinya jadi mudah. Jadi tidak perlu bolak-balik ke halaman archive berdasarkan tag yang merepotkan menurut saya. Maaf dan semoga bermanfaat.

  22. 22
    mukhlas rowi 

    Terima kasih masukannya.
    Btw ada contoh link web yg menggunakan wp-dtree-30.4.2

  23. contohnya:
    http://www.msrosyidi.com
    namun karena isinya masih sedikit jadi belum kelihatan sisi bagusnya.

    Atau cara lain buat halaman berisi daftar isi tulisan per kategory.

    Maaf dan terimakasih

  24. 24
    Andi 

    Terima kasih infonya…
    tulisan arab skrg udah bisa kluar…kalo utk modifnya gmn ya mas?
    abis tulisanya kecil bgt…
    Makasih

  25. 25
    mukhlas rowi 

    @Andi: bisa dengan membikin style sendiri di wordpress utk ukuran font yg 18 atau cara lebih mudah ketik dulu di openoffice atau ms-office, setting ukuran huruf arabnya 18 terus impor ke wordpress. semoga membantu

  26. Saya sudah nemu cara mudah nulis arab untuk wordpress.org (self-hosting), tinggal bikin shortcode khusus dan fontnya pakai font yang bebas diembed (namanya font Amiri). Mau nulis tutorialnya belum sempat.
    Untuk menulis Arabnya, saya lebih menganjurkan memakai Microsoft Visual Web Developer 2008 Express Edition. Kode html, menurut saya, lebih bersih daripada pakai MS Word.
    Maaf dan terimakasih.

  27. 27
    sugi 

    Saya sudah setting sama seperti yg bapak ajarkan tapi kok ya tetep tidak bisa untuk mengcopy paste tulisan ayat2 alqur’an dari digital maupun dari qur’an in word. Hasil copy pastenya tetap saja berupa kotak2 gak jelas gitu pak. Anehnya kalao yg di copy arabnya dari blog orang lain kok bisa muncul ya saya sangat heran,sedih susah. masak mau memasukkan copian ayat2 alqur’an saja tidak bisa. tolong bantuan dan sarannya pak trimakasih

  28. 28
    mukhlas rowi 

    Setahu saya, qur’an in word itu basisnya image/huruf ascii, bukan huruf arab, jadi kalau di-copy akan berubah. Saya tidak tahu persis–karena tidak pernah install sendiri di komputer karena saya menggunakan linux–dulu waktu coba punya teman, saat di-copy, qur’an in word akan menghasilkan tulisan arab dalam bentuk image/gambar tetapi masih tetap terbaca sebagaimana yang ada di qur’an in word (tidak berubah). Mungkin yg bapak pakai beda versi atau beda program. CMIIW

Leave a Reply » Log in

*