Subscribe RSS
Euforia Ngeblog dan Tanggung Jawab Isi Tulisan Dec 21

Munculnya hosting yang menyediakan jasa penempatan situs web gratis memberikan euforia tersendiri bagi para pengguna baru dalam dunia blog (termasuk saya :) ). Apalagi dengan munculnya hosting yang menyediakan website atau weblog yang menyediakan link kontak untuk komunitas, seperti Friendster, Multiply, Blogspot, Yahoo360 dan lain sebagainya, telah memberikan “energi” tersendiri bagi para pengguna untuk membangun jaringan dan komunitas dengan berbagai ekspresinya.

Ide yang ingin disampaikan tidak terlepas dari background masing-masing pengguna. Mereka yang berlatar-belakang IT akan menyampaikan ide ke-IT-an dan berusaha menyampaikan info tentang IT secara baik dan layak yang dari situ dia akan mendapat penilaian oleh komunitas IT atau orang yang ingin tahu tentang IT. Demikian pula jurnalis, kolumnis, penulis novel, guru dan seterusnya.

Umumnya penulis IT akan berupaya menulis sebaik yang dia bisa dan biasanya apa yang ditulis adalah ide-ide yang sudah dipraktekkan sehingga dia mengerti secara mendalam apa yang dia tulis. Berbeda dengan tema-tema sosial, fiksi, jurnalistik dan lain sebagainya, sebab umumnya ide yang ingin disampaikan umumnya berupa informasi penglihatan yang kemudian ditulis dengan persepsi dan interpretasi masing-masing penulis. Interpretasi dan persepsi inilah, sebagaimana disampaikan di awal tulisan tadi yang sangat erat kaitannya dengan background masing-masing penulis.

Nah dalam kontek ini, manakala sudah memasuki ranah publik diperlukan tanggung jawab moral di dalam penulisan. Mengapa demikian? Karena ide yang akan disampaikan bisa berdampak pada “peletakan” cap pada orang lain yang bisa berakibat terjadinya perselisihan karena perbedaan sudut pandang masing-masing. Ketika salah satu pihak merasa dicemarkan nama baiknya maka bisa terjadi penuntutan yang berujung pada pengadilan. Atau paling tidak bisa menyakiti perasaan orang yang diberitakan, padahal mungkin apa yang ada pada yang bersangkutan belum tentu seperti yang diberitakan.

Untuk itu selayaknya kita sebagai masyarakat yang berbudaya, lebih berhati-hati (baca: bertanggung jawab) setiap kali kita akan menyampaikan ide yang akan di-publish secara luas. Sebab apa yang kita tulis, beredar secara luas jauh melebihi media cetak lokal maupun nasional yang dicetak secara fisik. Apa yang telah kita tulis, begitu kita publish, sudah tidak bisa kita kontrol lagi. Mungkin kita bisa me-delele dari situs kita, tapi yang sudah terlanjur dibaca, di-copy, atau bahkan dirilis ulang oleh orang-orang yang jumlah dan tempatnya kita tidak tahu adalah sesuatu yang tidak mungkin kita kontrol.

Maka patutlah kita renungkan Sabda Rasulullah SAW sebelum menulis:

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

Barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau lebih baik diam. HR. Bukhari

Sabda Rasulullah SAW ini bukanlah pengekang kreatifitas kita dalam mengungkapkan pendapat tetapi lebih pada bagaimana kita mengungkapkan sesuatu lebih berkualitas dan bertanggung jawab. Sebab semua ungkapan kebaikan yang kita sampaikan akan memberikan nilai positif kepada kita kita dan sebaliknya kalau itu adalah nilai keburukan akan menjadi keburukan bagi kita. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

مَنْ سَنَّ سُنَّةً حَسَنَةً كَانَ لَهُ أَجْرُهَا وَمِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ غَيْرِ أَنْ يُنْتَقَصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَمِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ غَيْرِ أَنْ يُنْتَقَصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

Barangsiapa melakukan amalan kebaikan maka baginya balasan kebaikannya dan kebaikan orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang mengikuti dan barangsiapa melakukan amal keburukan maka baginya balasan keburukan dan keburukan orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa pelaku yang mengikutinya. HR. Ahmad dan Ibnu Majah

Dari sini yang lebih penting adalah kualitas bukan hanya kuantitas. Mudahan ini menjadi renungan bagi kita.

Mukhlas Rowi

Add This! Blinklist BlueDot Connotea del.icio.us Digg Diigo Facebook FeedMeLinks Google Ask.com Yahoo! MyWeb Netscape Netvouz Newsvine reddit Simpy SlashDot StumbleUpon Technorati ThisNext
Kategori: Umum  | Tags: , ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses

  1. 1
    supri 

    Assalamu’alaikum
    mas ikut-ikutan ah ngeblog, lumayan sekalian kerja sampingan masang google addsense
    nih alamatnya http://pri.superihost.com/
    pake wordpress, bisa hilang banner 100webspacenya

  2. 2
    banghas 

    salam…
    Hasan nih…
    aku punya Blog di blogspot neh…
    alamatnya http://studistie.blogspot.com/

  3. 3
    sulam 

    assalamu’alaikum, salam kenal ya..
    betul sekali pa, saat ini banyak blog yang isinya nggak karuan, bisa ajari dikit ilmu ngggak buat kasih pelajaran blogger yang nakal.

Leave a Reply » Log in

*